Tips Ramadhan produktif kali ini berguna buat kamu yang ingin menjalani ibadah puasa dengan aktivitas berkualitas. Jangan sampai ibadah puasa kita dijadikan alasan untuk bemalas-malasan saja. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas tips agar tetap produktif saat Ramadhan. Yuk, simak dan perhatikan tips-tips di bawah ini!

Tips Ramadhan Produktif

Rasa haus, lapar, serta lemas menjadi suatu godaan yang selalu dirasakan saat kita sedang berpuasa. Kebanyakan orang menjadikan puasa sebagai asalan untuk mengurangi aktivitas bahkan cenderung bermalas-malasan. Padahal, di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk melakukan banyak kebaikan

Selain memperoleh pahala yang berlipat, melakukan banyak kebaikan di bulan Ramadhan bisa mendatangkan hal positif pada diri kita. Oleh karena itu, kita harus tetap produktif meskipun sedang menjalankan puasa. Di bawah ini adalah tips yang bisa kamu ikuti agar tetap produktif saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Sahur dan Berbuka dengan Makanan Sehat

Tips yang pertama agar tetap produktif saat berpuasa yaitu makan makanan sehat, baik saat sahur maupun berbuka. Sebab, makanan merupakan hal penting yang sangat berpengaruh pada tubuh kita. Pastikan makanan yang kamu konsumsi merupakan makanan sehat dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup.

Macam-macam makanan yang sebaiknya kita konsumsi, seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar yang memiliki banyak kandungan air. Akan lebih baik ditambah dengan minum segelas susu saat sahur. Hal ini berguna untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Jangan makan makanan berminyak karena bisa membuat tubuh mudah lemas dan cepat merasa haus.

Ketika waktu berbuka tiba, sebaiknya awali dengan meminum air putih dan makan kurma terlebih dahulu. Barulah setelah itu bisa mengonsumsi makanan besar. Ingat, jangan berlebihan, makanlah dengan porsi yang secukupnya saja. Terlalu banyak makan pada malam hari bisa membuat berat badan bertambah.

Jangan Tidur Setelah Selesai Sahur

Setelah selesai sahur, janganlah langsung tidur karena bisa membuat kita bangun kesiangan. Kalau sudah begini, sholat subuh pun menjadi terlambat dan membuat aktivitas lain ikut berantakan. Maka lebih baik sahur pada saat mendekati waktu imsak. Jadi, kita tidak perlu menunggu terlalu lama agar bisa sholat subuh.

Setelahnya, kita bisa melakukan beberapa kegiatan penting. Karena di pagi hari kita masih memiliki banyak energi. Meski begitu, kita juga harus tetap bersemangat melakukan aktivitas hingga sore hari. Sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan maksimal dan tanpa terasa kita bisa menjalankan puasa dengan lancar.

Selain itu, tidur setelah sahur bisa berdampak buruk mengganggu kesehatan. Pasalnya, makanan yang baru saja masuk ke lambung bisa naik ke kerongkongan karena belum selesai dicerna. Dan

jika kamu tidur saat lambung mencerna makanan, maka bisa memicu naiknya asam lambung. Maka jangan heran jika kamu terbangun dengan perut kembung, tenggorokan panas, hingga mulut pahit.

Menyesuaikan Waktu Tidur

Memaksimalkan waktu tidur merupakan cara yang baik agar bisa tetap produktif di bulan Ramadhan. Usahakanlah untuk memajukan waktu tidur kamu dan jadwalkan di jam yang sama setiap harinya. Misalnya saja jika selama bulan Ramadhan kamu rutin membaca Al-Qur’an setelah salat Tarawih, maka usahakan segera tidur setelahnya dan hindari begadang.

Jika kamu tidak tidur lebih cepat selama bulan puasa, maka waktu tidur kamu bisa berkurang karena terpotong waktu sahur. Durasi tidur yang berkurang tentu akan membuat kamu mudah lemas dan mengantuk di siang hari. Akibatnya, puasa menjadi tidak nyaman dan bisa mengganggu kelancaran beraktivitas kamu.

Agar tidur kamu berkualitas, buatlah kamar tidur senyaman mungkin. Sebaiknya kamu tidur dengan ruangan yang gelap, tenang dan sejuk. Pastikan juga kamu sudah mematikan ponsel, TV, laptop, atau perangkat elektronik lainnya. Karena pancaran sinar dari perangkat elektronik bisa mengganggu hormon pemicu ngantuk.

Menyusun Daftar Kegiatan

Tips selanjutnya yaitu kamu perlu menyusun jadwal selama bulan Ramadhan. Jadwal ini berisi tentang daftar kegiatan sehari-hari yang akan kamu lakukan di bulan Ramadhan. Pembuatan daftar kegiatan ini berguna agar kita bisa paham apa saja yang perlu dilakukan setiap harinya. Sehingga kita bisa terhindari dari malas-malasan atau bahkan tidak produktif.

Ada banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama berpuasa. Yuk, mulai menyusun daftar berbagai kegiatan positif. Misalnya saja seperti sholat tepat waktu, tarawih, berolah raga, mengkhatamkan Al-Qur’an, kegiatan amal, membuat kue, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Jangan lupa set reminder dan checklist kegiatan yang sudah dilakukan agar tidak lupa dan terlewatkan.

Istirahat Siang yang Cukup

Waktu tidur kita kemungkinan berkurang karena rutinitas tarawih dan sahur. Sehingga tubuh kita menjadi mudah lemas terutama di siang hari. Maka dari itu, kamu perlu mengusahakan untuk tidur siang yang cukup. Hal ini untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan fokus melakukan kegiatan hingga sore hari.

Jangan terlalu lama tidur siang, cukup selama 30 – 60 menit saja. Jika lebih dari itu, maka bisa menyebabkan rasa harus dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, sebaiknya jangan begadang atau lembur di malam hari. Karena jika terlalu mengantuk, tubuh akan lemas sehingga menghambat aktivitas sehari-hari dan tidak bisa produktif.

Melakukan Olahraga Ringan

Meskipun berpuasa, olahraga juga harus rutin dilakukan agar tubuh tetap bugar. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti jogging, stretching ringan, step up, jalan kaki, yoga dan bersepeda. Carilah waktu yang sesuai untuk melakukan olahraga, seperti di waktu menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka puasa.

Dengan berolahraga secara rutin, imunitas kita akan tetap terjaga. Sehingga kita tidak akan mudah sakit dan bisa tetap produktif di bulan Ramadhan. Tapi ingat, jangan memilih olahraga berat yang bisa menguras banyak energi. Lakukan olahraga ringan dalam waktu singkat, karena tujuan utamanya untuk menjaga fisik tetap ideal dan sehat saat menjalankan ibadah puasa.

Kurangi Waktu Membuka Media Sosial

Membuka media sosial sudah menjadi rutinitas banyak orang saat ini. Bagaimana tidak? Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru, tidak terkecuali konten hiburan. Kita bisa melihat aktivitas terbaru yang dilakukan orang lain hingga mengetahui berbagai hal yang sedang trend saat ini.

Namun, sebaiknya kita membatasi diri untuk tidak berlebihan mengakses media sosial di bulan Ramadhan. Hal ini bertujuan agar kita lebih produktif meskipun sedang berpuasa. Di samping itu kita juga akan terhindari dari konten-konten yang bisa mengurangi pahala atau bahkan membatalkan puasa.

Penutup

Itulah penjelasan tentang tips Ramadhan produktif. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu agar tetap semangat beraktivitas meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Jangan ragu untuk melakukan berbagai kegiatan positif di bulan Ramadhan. Karena dengan melakukan banyak kebaikan di bulan puasa, maka pahala yang akan kita dapatkan bisa berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *