Apa Saja Tips Khatam Quran Bulan Ramadhan?
Mengkhatamkan Al-Quran adalah suatu hal yang sulit dilakukan jika seseorang bermalas-malasan oleh karena itu artikel ini akan menjelaskan beberapa tips khatam Quran bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah.
Jika ingin tahu bagaimana caranya, yuk baca dan terapkan penjelasan di bawah ini!

Ini Dia Tips Khatam Quran Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan yang suci ini identik dengan puasa, salat tarawih, dan diakhiri dengan hari raya Idul Fitri. Namun tidak hanya itu saja karena bulan Ramadhan pintu pahala akan dibuka selebar-lebarnya dan apapun amal baik pahalanya akan dilipatgandakan.

Jadi tidak hanya menjalankan puasa dan tarawih tetapi juga amalan-amalan baik lainnya misalnya seperti berbagi kepada anak yatim, menyiapkan takjil buka puasa di masjid-masjid, rajin mengerjakan salat wajib maupun sunnah, umrah bagi yang mampu, memperbanyak istighfar, dan tadarus mengkhatamkan Al-Quran.
Berbicara tentang khatam Al-Quran saat bulan Ramadhan, aktivitas ini mempunyai banyak sekal manfaat seperti menjadikan seseorang selalu taat, mendapatkan syafaat di akhirat kelak, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, mendapatkan sholawat atau doa dari malaikat, mendapatkan ketenangan, mendapatkan rahmat dari Allah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips khatam Al-Quran di bulan Ramadhan, antara lain:

Buat Jadwal
Tips atau cara pertama adalah dengan membuat jadwal harian yang teratur dan disiplin. Tujuan dari membuat jadwal harian ini adalah agar bisa tahu kira-kira akan menghabiskan berapa hari untuk khatam Al-Quran. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah dan lega untuk mengerjakan pekerjaan laun tanpa terbentrok jadwal membaca Al-Quran. Jadwal ini pastinya sesuai dengan kemampuan masing-masing ya!
Sebagai referensi, Anda bisa membagi waktu membaca Al-Quran menjadi lima waktu dalam sehari. Anda bisa melakukannya setelah menjalankan ibadah salat wajib.

Selalu Bawa Quran atau Install Aplikasi Quran
Jika Anda adalah seseorang yang sering ada di luar atau dalam perjalanan maka bawalah Al-Quran berukuran mini ke mana saja. Al-Quran berukuran mini ini bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam membaca dan membukanya di mana saja kecuali di tempat yang dilarang Islam salah satunya adalah kamar mandi.
Jika ingin yang lebih praktis lagi, bisa juga memanfaatkan ponsel pintar Anda untuk menginstall aplikasi Al-Quran. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam proses menyicil khatam Al-Quran di mana saja dan kapan saja. Aplikasinya sendiri bisa Anda dapatkan secara gratis dengan ukuran yang pastinya tidak terlalu besar.
Aplikasi Al-Quran di ponsel pintar pun biasanya cukup lengkap. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai fitur seperti terjemahan berbagai bahasa, tajwid lengkap, jadwal salat, petunjuk arah kiblat, kumpulan doa sehari-hari, bookmark posisi bacaan terakhir, pemutaran audio, tafsir, membagikan ayat ke media sosial atau chat, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Terus Berlatih
Tips selanjutnya adalah terus berlatih agar tetap semangat membaca Al-Quran hingga khatam di waktu yang telah ditentukan. Cara paling mudah dan terorganisir adalah dengan menyelesaikan satu juz dalam satu hari. Namun jika masih keberatan dengan cara ini Anda bisa membacanya saat ada waktu luang atau sengaja meluangkan waktu. Teruslah berlatih agar bisa membaca lebih lancar dan benar.

Menabung Bacaan Saat Awal Ramadhan
Sudah menjadi sifat sebagian besar manusia bahwa mereka akan mempunyai semangat menggebu-gebu saat di awal dan akan semakin menurun saat di tengah-tengah hingga akhir. Misalnya seperti ibadah di bulan Ramadhan.
Sebagian besar orang akan semangat menjalankan puasa dan salat tarawih saat di awal bulan. Bahkan saat masuk waktu salat tarawih, masjid akan dipenuhi oleh orang-orang yang ingin melaksanakan salat. Namun seiring berjalannya waktu, masjid perlahan-lahan akan kehilangan pengunjungnya dan jamaah salat tarawih pun semakin sedikit. Hingga tibalah di saat-saat terakhir Ramadhan, ada banyak orang lagi yang akan mengunjungi masjid untuk salat tarawih.
Alasannya adalah untuk merasakan suasana Ramadhan akhir yang akan pergi dan digantikan oleh hari kemenangan Idul Fitri. Semua orang akan bergembira saat datangnya hari raya Idul Fitri, padahal hari-hari istimewa yang bisa memberikan banyak pahala adalah saat bulan Ramadhan.
Hal ini juga berlaku dengan amalan membaca Al-Quran. Ada banyak orang yang akan semangat membaca Al-Quran saat di awal bulan Ramadhan dan semangatnya semakin menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu kita harus tetap istiqomah dari awal hingga akhir agar bisa mendapatkan manfaat-manfaat beramal saleh di bulan Ramadhan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Tadarus Bersama
Anda juga bisa mengkhatamkan Al-Quran dengan cara tadarus bersama-sama di masjid. Biasanya saat bulan Ramadhan selalu ada acara tadarus rutin di waktu tertentu misalnya pagi, bakda ashar, dan setelah salat tarawih hingga malam. Kegiatan tadarus ini pastinya akan meningkatkan semangat untuk membaca Al-Quran.
Tadarusan ini bisa dilakukan bersama teman, keluarga, saudara, tetangga, nenek, dan masih banyak lagi. Biasanya juga saat tadarusan ini satu orang akan diberikan jatah membaca masing-masing setiap harinya. Jadi jika ingin khatam lebih cepat maka ikutlah tadarus.
Selalu Tulis Perkembangan Diri Setiap Harinya
Sebagai bahan evaluasi, Anda bisa menulis perkembangan diri setiap hari agar semuanya bisa terkontrol dengan baik. Jika Anda terlewat membaca Al-Quran dalam satu hari maka tulislah sebagai hutang dan bayar lah hutang tersebut keesokan harinya. Jadi di hari berikutnya Anda harus membaca double.
Anda juga bisa membayar hutang tersebut di waktu luang atau sengaja meluangkan waktu. Usahakan untuk mengatur waktu Anda sebaik mungkin karena jatahnya dalam satu hari hanya diberikan 24 jam tidak bisa kurang dan tidak bisa lebih.

Adab Membaca Al-Quran
Membaca Al-Quran tidak bisa dilakukan sembarangan dan berikut ini adalah adab saat membaca Al-Quran, antara lain:

1. Wudhu.
2. Mulut dalam keadaan bersih karena sebagai tepat keluarnya bacaan Al-Quran.
3. Mengenakan pakaian bersih dan suci dari najis.
4. Menghadap kiblat.
5. Membaca isti’adzhah atau ta’awudz saat mulai membaca Al-Quran.
6. Membaca basmallah kecuali saat membaca surat At-Taubah.
7. Memperindah suara saat membaca.
8. Membaca sesuai dengan hukum tajwid.
9. Khusu’, memperhatikan, dan meresapi setiap ayat yang sedang dibaca.
10. Membaca dengan suara yang sedang, yaitu tidak terlalu pelan atau terlalu keras.
11. Berdoa untuk memohon perlindungan saat membaca ayat yang berbicara mengenai azab.
12. Mendengarkan dengan seksama dan khusu’ jika ada seseorang yang sedang melantunkan ayat Al-Quran.
13. Menangis karena berdasarkan QS Al-Maidah ayat 83, di antara tanda-tanda orang beriman adalah menangis.
14. Disunnahkan untuk sujud tilawah saat bertemu dengan ayat-ayat sajdah.
15. Sebaiknya jangan mengkhatamkan Al-Quran kurang dari tiga hari.
Sekian informasi terkait tips khatam Quran bulan Ramadhan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan keep istiqomah! Sampai jumpa lagi di artikel informatif selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *