Apa Saja Tips Umrah Bulan Ramadhan dan Keutamaannya?

Mempunyai cita-cita untuk umrah saat bulan Ramadhan? Yuk intip penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja tips umrah bulan Ramadhan!

Ini Dia Tips Umrah Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah yang mana di setiap amalan saleh yang dilakukan manusia akan diberikan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan adalah umrah. Pastinya umrah saat bulan Ramadhan berbeda dengan umrah di hari biasa. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa tips umrah saat bulan Ramadhan, antara lain:

Atur Jadwal Agar Bisa Umrah Pada Malam Hari
Tips yang pertama adalah dengan mengatur jadwal agar nantinya bisa melaksanakan ibadah umrah saat malam hari. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Arab mempunyai suhu yang panas sedangkan orang Indonesia juga harus beradaptasi dengan keadaan, dan dalam keadaan itu mereka harus berpuasa sembari melaksanakan ibadah umrah yang bukan hanya mengelilingi Kabah, tetapi juga ada sa’i atau berlari-lari kecil sebanyak 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah.
Oleh karena itu, kalau umrah bisa malam hari kenapa tidak? Tidak kepanasan dan saat haus bisa langsung minum. Agar ibadahnya bisa lancar, manfaatkan siang hari untuk beristirahat dan mempersiapkan diri. Jangan melakukan aktivitas yang berat saat siang hari agar nanti saat ibadah tubuh Anda bisa segar dan cerah.

Tidak Perlu Khawatir Soal Buka Puasa
Jika Anda umrah saat bulan Ramadhan maka tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mencari makanan dan minuman buka puasa karena di beberapa tempat misalnya seperti Masjid Nabawi dan Masjidil Haram sudah tersedia banyak sekali takjil gratis.
Anda bisa mengambil dan menikmati takjil-takjil ini sembari berbuka puasa bersama banyak jamaah lain dari berbagai negara. Harus juga bersiap karena saat bulan Ramadhan pasti ada banyak sekali orang yang ingin melaksanakan umrah, sehingga tempat ibadah juga akan dipenuhi orang dengan tujuan yang sama dengan Anda. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan tersebut pasti menjadi momen yang tidak akan terlupakan.

Ikut Tarawih
Sudah jauh-jauh ke Arab untuk melaksanakan ibadah umroh masa mau meninggalkan ibadah sunnah salat tarawih? Jangan dong, karena ikut salat tarawih di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi akan memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Nantinya Anda akan salat bersama banyak sekali jamaah dari berbagai negara dan surat yang akan dibacakan imam saat salat tarawih bisa mencapai 1 juz.
Atur Waktu Sahur Bersama Rekan Umroh
Sahur adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Saat di Mekkah dan Anda sudah mengerjakan sahur maka setelah itu haruslah salat subuh dan sebaiknya dilakukan berjamaah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Oleh karena itu,
Anda harus pandai-pandai mengatur waktu agar tidak tertinggal karena harus berjalan kaki terlebih dahulu dari hotel menuju masjid. Anda bisa merundingkannya dengan grup umroh dan bahas mengenai pengaturan waktunya.

Selalu Sedia Kantong Plastik
Kantong plastik ini bukan sebagai wadah takjil ya, tetapi untuk wadah sandal. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi adalah dua masjid terluas di dunia sehingga akan terasa cukup tidak rela jika nantinya harus meninggalkan sandal tercinta di luar masjid. Jadi fungsi kantong plastik ini adalah untuk membungkus sandal dan kemudian dibawa bersama masuk ke masjid. Jangan sampai kejadian umrah tetapi bertelanjang kaki karena sandal kesayangan hilang entah di mana.

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan

Berikut ini adalah keutamaan atau keistimewaan umrah di bulan Ramadhan, antara lain:

Dijauhkan dari Kefakiran
Keutamaan yang pertama adalah akan dijauhkan dari kefakiran (kemiskinan). Keutamaan ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yaitu “iringilah antara ibadah haji dan umrah karena keduanya meniadakan dosa dan kefakiran” (HR. At Tirmidzi, An Nasa’i).
Bahkan Allah akan mengganti biaya umrah dengan balasan pahala yang sangat melimpah. Tidak hanya pahala untuk akhirat, tetapi juga pahala di dunia berupa rezeki yang berkah. Rezeki ini berupa kesehatan, kebahagiaan, kekayaan materi, kesuksesan, dan masih banyak lagi rezeki yang akan datang dalam hidup Anda.

Doanya Dikabulkan oleh Allah SWT
Ada beberapa waktu yang di mana doa seseorang akan dikabulkan oleh Allah SWT salah satunya saat umrah di bulan Ramadhan. Keutamaan ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yaitu “ orang yang melaksanakan haji dan umrah adalah tamu Allah, maka jika mereka kemudian memohon kepadaNya dan jika mereka memohon ampunan pasti akan diampuniNya” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).
Berdoalah sampai puas dan usahakan berdoa secara tenang dan khusu’ agar Allah meridhoi apa yang menjadi hajat Anda. Jangan lupa juga untuk mendoakan orang lain karena doa baik untuk orang lain akan kembali kepada diri kita sendiri dan doa tersebut akan diaminkan oleh para malaikat.

Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda
Umrah di bulan Ramadhan bisa mendapatkan pahala yang berlimpah ruah. Setiap amalan saleh yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan diberikan pahala berlipat ganda minimal sepuluh kali lipat dan maksimal tidak terbatas dari Allah SWT.
Melaksanakan ibadah umrah saja bisa mendapatkan banyak pahala kemudian beribadah di Masjidil Haram yang mana pahalanya akan bernilai 100.000 kali lipat belum lagi jika salat di Masjid Nabawi bernilai 1.000 kali lipat. Sudah bisa Anda bayangkan berapa banyak pahala yang bisa Anda dapatkan saat umrah di bulan Ramadhan dan melakukan amalan saleh lainnya?

Penghapus Dosa
Melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan, Anda bisa berdoa sepuasnya kepada Allah SWT dan akan dikabulkannya termasuk permohonan ampunan. Hal ini juga sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW yaitu “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya merupakan penggugur dosa di antara keduanya dan haji yang mabrur tiada balasan melainkan surga Allah SWT” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Umrah Sama Dengan Haji
Umrah di bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan cerdas dalam waktu terbatas karena amalan ini mampu memberikan pahala melimpah dibandingkan dengan umrah di bulan-bulan lainnya. Bahkan tidak hanya bisa mendapatkan banyak pahala tetapi Anda juga bisa dikatakan sama dengan melaksanakan ibadah haji. Seperti yang sudah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dari Rasulullah SAW bersabda bahwa “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama seperti berhaji bersamaku”.
Menjalankan ibadah umrah di tanah suci saat bulan suci pula pastinya akan menjadikan nilai religius bahkan pahala akan semakin meningkat. Perlu untuk diingat bahwa adanya perbedaan waktu, cuaca, dan suhu antara Arab dengan Indonesia merupakan tantangan tersendiri bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa sembari umrah. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips umrah bulan Ramadhan, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *