Saat Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk Berniaga, sehingga perlu mengetahui tips Berniaga bazar Ramadhan dengan mudah. Perlu diketahui bahwa untuk berniaga di bulan Ramadhan menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak orang, karena biasanya di saat Ramadhan banyak orang yang mencari kebutuhan untuk makan buka, sahur, dan kebutuhan lainnya.

Seperti yang telah diketahui oleh setiap orang bahwa bazar merupakan peluang yang tepat untuk menjalankan bisnis. Tidak sebatas itu, karena bagi orang-orang yang ingin belajar bisnis juga bisa memulai dengan membuka bazar Ramadhan. Hanya perlu memilih produk apa yang cocok untuk diniagakan dan diterima oleh pasar, kemudian mempersiapkan semuanya dengan baik, maka sudah bisa memulai berniaga.
Bagi orang-orang yang belum memiliki pengalaman dalam berniaga atau berbisnis, maka akan bingung bagaimana cara memulainya. Sebenarnya untuk memulai berniaga tidaklah sulit, asalkan memiliki niat dan keyakinan yang besar untuk memulainya.

Apa Saja Tips Berniaga Bazar Ramadhan?

Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah khususnya untuk umat Muslim. Bagaimana tidak, ketika bulan suci Ramadhan datang maka pintu rizki dibuka sebesar-besarnya. Banyak orang yang memanfaatkan momen Ramadhan untuk berniaga berbagai produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah orang yang berniaga di bulan Ramadhan cukup meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa. Hal ini terjadi karena kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan pun semakin bertambah. Oleh karenanya, bagi yang ingin mengetahui tips untuk berniaga bazar Ramadhan, bisa menyimak ulasan berikut ini.

1. Apakah Bazar Tersebut Cocok Untuk Produk yang Dijual?
Seperti yang telah diketahui bersama bahwa setiap didirikannya bazar tentu memiliki tema tersendiri. Apalagi jika bazar dilakukan saat bulan Ramadhan. Misalnya adalah bazar buku, bazar sembako, bazar pakaian, bazar makanan, bazar kebutuhan rumah, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, sesuaikan tema bazar tersebut dengan produk yang akan dijual. Jika memiliki produk makanan, maka carilah bazar makanan untuk berniaga. Jangan sampai salah memilih bazar, karena bazar merupakan lapak yang sangat mempengaruhi laris tidaknya dagangan.

2. Harus Mengetahui Penyelenggaranya
Meskipun tujuan dari berniaga di bazar adalah untuk mendapatkan keuntungan dari berbisnis, akan tetapi pihak peniaga atau bisnis harus mengetahui siapa penyelenggara bazar tersebut. Umumnya sebuah bazar selenggarakan oleh sebuah Event Organizer. Apabila ingin menjadi peniaga yang membuka stan bisnis di bazar tersebut, alangkah baiknya untuk memahami dengan baik apakah pihak penyelenggara ahli dalam bidang bazar tersebut atau ternyata hanya sekedar ikut trend untuk menyelenggarakan bazar..
Di sisi lain, perhatikan juga bagaimana pihak penyelenggara mempromosikan bazar yang akan diselenggarakan. Perhatikan ketentuan dan syarat yang ditetapkan untuk mengikuti bazar tersebut. Kemudian ketahuilah terkait bagaimana harga yang ditawarkan jika membuka stan di bazar tersebut. Hal-hal demikian sangatlah penting untuk diketahui jika ingin berniaga di bazar Ramadhan.

3. Carilah Booth Sesuai Dengan Anggaran
Tidak hanya mengenai pihak penyelenggara saja yang harus diperhatikan, seorang peniaga juga perlu memahami apakah harga booth sesuai dengan anggaran yang dimiliki atau tidak. Jangan sampai untuk memaksakan kehendak karena ingin berniaga di bazar tersebut, sehingga tidak mempertimbangkan anggaran yang dimiliki dengan harga booth. Perlu diketahui bahwa setiap lokasi bazar memiliki harga yang berbeda sehingga penting untuk diperhatikan dengan baik.

4. Memberikan Kartu Nama Untuk Pengunjung
Tidak sedikit para pemula yang ingin mulai berniaga di bazar Ramadhan. Jika baru akan merintis usaha di sebuah bazar, maka alangkah baiknya untuk menyiapkan kartu nama usaha yang nantinya diberikan kepada para pengunjung. Hal ini bertujuan supaya usaha yang dijalankan terlihat lebih profesional dan para pelanggan pun akan lebih mudah untuk menghubungi peniaga apabila membutuhkan informasi terkait dengan produk yang dijual. Tujuan lainnya diberikannya kartu nama adalah supaya para pelanggan bisa menyebarkan atau memberikan informasi usaha tersebut kepada orang lain.
Bisa saja saat ini pengunjung belum membeli produk yang dijual, tetapi suatu saat nanti bisa saja akan ada banyak orang yang membutuhkan produk tersebut. Itulah mengapa kartu nama sangat penting bagi peniaga untuk diberikan kepada pelanggan.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan
Bagi para peniaga atau pengusaha, salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga adalah pelayanan. Pelanggan tentu akan sangat mempertimbangkan bagaimana penjual memberikan layanan yang terbaik kepada mereka. Bagaimanapun juga, di setiap usaha, hal yang sangat mempengaruhi kualitas dari bisnis yang dijalankan adalah terkait pelayanan yang baik. Ketika menjaga stan dagangan, perlu untuk menarik pelanggan dengan cara menyapa dengan ramah. Hal kecil yang demikian ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar. Ketika pelanggan merasa mendapatkan pelayanan yang baik dari penjual, maka pelanggan sangat mungkin untuk datang kembali membeli produk tersebut.

Produk yang Cocok Dijual di Bazar Ramadhan

Lalu bagaimana jika ingin mulai berniaga di bazar Ramadhan, tetapi belum memiliki produk yang akan dijual di bazar tersebut? Tidak perlu khawatir, karena untuk menentukan produk apa saja yang ingin dijual di bazar Ramadhan, sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi di saat Ramadhan hampir semua produk sangat cocok untuk diniagakan. Berikut ini merupakan beberapa pilihan atau rekomendasi produk yang bisa dipilih untuk dijual di bazar Ramadhan.

1. Takjil dan Makanan Buka Puasa
Takjil menjadi salah satu ciri khas produk yang dijual saat bulan Ramadhan. Biasanya, orang-orang akan berbondong-bondong mencari takjil saat sore hari untuk persiapan buka puasa. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dengan cara menjual makanan takjil untuk buka puasa di bazar Ramadhan yang khusus menjual takjil. Berniaga takjil saat Ramadhan merupakan bisnis yang pasti bisa meraup keuntungan sangat banyak. Namun demikian, pilihlah lokasi yang cocok sehingga mudah untuk dijangkau para pelanggan.

2. Busana Muslim
Bagi yang masih bingung ingin berniaga apa di bulan Ramadhan, maka busana Muslim menjadi pilihan yang sangat tepat. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa menjual busana Muslim saat Ramadhan menjadi peluang yang sangat besar untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi jika di penghujung Ramadhan, di mana ada banyak sekali orang-orang yang mencari busana Muslim yang akan dipakai di hari raya. Tidak harus menjadi pengusaha busana dengan modal yang besar, karena untuk menjual produk busana Muslim juga bisa dengan modal yang kecil.

3. Kue Kering Lebaran
Salah satu produk yang sangat cocok dijual di bazar Ramadhan adalah kue kering untuk lebaran. Saat menjelang hari raya, orang-orang umumnya akan mencari kue kering untuk dihidangkan di meja ruang tamu menyambut kedatangan sanak saudara dan tamu-tamu saat hari raya. Berniaga produk kue kering menjadi pilihan yang sangat tepat bagi yang masih bingung ingin berniaga apa di bazar Ramadhan. Tidak perlu khawatir karena modal untuk berjualan kue kering juga tidaklah besar. Kue kering ini bisa dibuat sendiri atau bisa menjadi reseller dari produk.
Itulah beberapa tips berniaga bazar Ramadhan dan beberapa rekomendasi produk yang diniagakan. Bulan Ramadhan menjadi momen yang sangat tepat untuk mulai berniaga dan menjadi pebisnis pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *