Tips Ramadhan hemat akan menjadi topik perbincangan kita kali ini. Ramadhan memang menjadi bulan suci yang ditunggu-tunggu masyarakat Muslim. Banyak dari mereka yang beranggapan di bulan Ramadhan mereka bisa menghemat uang, padahal nyatanya adalah sebaliknya.

Orang-orang yang berpuasa, menganggap bahwa uang mereka akan tersisih karena tingkat konsumsi makanan mereka berkurang. Padahal nyatanya, dalam sekali buka puasa, mereka membeli makanan lebih dari jumlah biasanya untuk memenuhi hawa nafsu mereka. Ditambah lagi dengan budaya lebaran yang mengharuskan orang-orang untuk mudik, membeli baju baru, dan membagikan uang pada saudara. Hal itu akan banyak menghabiskan jatah tabungan anda tanpa disadari.

Lalu, bagaimana tipsnya?

Tips Ramadhan Hemat, dari Segi Konsumsi
Konsumsi menjadi topik pertama yang akan kita bahas. Memang banyak orang yang tidak sadar dan secara suka rela mengeluarkan uang tanpa memperhitungkannya. Begini tips agar keuangan anda lebih tertata:

1. Memasak Makanan Sendiri
Makanan yang dimasak sendiri memang sudah dijamin lebih sehat dan lebih hemat. Anda harus bisa membagi jadwal menu makanan untuk berbuka dan sahur. Masaklah makanan secukupnya saja, jangan berlebihan. Anda juga harus sudah menargetkan bahan belanjaan anda selama satu bulan, dengan porsi uang per harinya. Jadi, anda tidak melulu membeli bahan-bahan dapur ketika akan memasak.
Belilah secara borongan, dan simpan agar tahan lama. Sedangkan untuk masakan per harinya, anda bisa belanja sehari sekali sesuai menu apa yang anda inginkan. Targetkan satu hari misalnya Rp. 20.000, anda bisa membeli sayuran, dan bahan lainnya untuk berbuka dan sahur.

2. Kurangi Berbuka di Luar
Berbuka di luar memang lebih praktis dan seru karena bersama dengan teman dan kerabat. Namun tanpa disadari juga, hal ini justru akan banyak menguras isi dompet anda. Bayangkan, anda bisa menargetkan Rp. 20.000 per hari jika memasak makanan sendiri di rumah dengan porsi dan menu yang banyak. Namun, dengan sekali makan satu porsi, anda harus mengeluarkan minimal Rp. 15.000 sampai budget yang tak terduga.
Boleh-boleh saja untuk berbuka di luar, namun anda harus menargetkannya dengan membuat prioritas mana yang harus dihadiri. Anda jadi lebih bisa berhemat dan menabung sisa uangnya.

3. Buka Bersama di Masjid Secara Gratis
Di masjid atau mushola, setiap buka puasa memang banyak yang menyediakan makanan gratis. Biasanya untuk para pengendara yang sedang mampir menunggu adzan maghrib maupun orang-orang sekitar. Anda bisa ikut bergabung, dengan mendengarkan ceramah dari pengemuka agama setempat.
Anda bisa menghemat pengeluaran anda dan mendapatkan ilmu gratis juga. Selain itu, anda bisa melaksanakan ibadah sholat maghrib di sana secara berjamaah untuk mendapatkan pahala lebih.

4. Pilih Makanan yang Mengenyangkan
Saat berpuasa, banyak dari kita yang tergoda menginginkan banyak jenis makanan. Ingin ini, ingin itu sampai semuanya tersedia. Padahal, hanya dengan segelas air putih pun sudah bisa mengenyangkan. Namun, namanya manusia tetap membutuhkan makanan dan juga memiliki napsu. Maka dari itu, pilihlah makanan yang mengenyangkan. Karena setelah perut kenyang, makanan-makanan yang tersedia akan kembali kita pikirkan ulang dan akhirnya jadi mubazir dan terbuang percuma.

5. Buat Kue Kering Sendiri
Kue kering memang menjadi camilan wajib ketika hari raya. Para kerabat dan teman-teman yang berkunjung biasanya akan disuguhi oleh kue-kue kering yang berderet di meja. Nah, apabila selama ini anda membelinya. Anda bisa mencobanya dengan membuatnya sendiri. Selain untuk menambah ilmu, anda juga bisa membuat dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan begitu, anda bisa lebih menghemat pengeluaran anda dan juga meningkatkan kemampuan memasak anda.

Tips Keuangan Hemat Selama Ramadhan
Setelah dipisahkan dari segi konsumsi, beberapa hal ini juga bisa anda terapkan untuk menghemat uang anda:

1. Hindari Tempat yang Mendorong Anda untuk Berbelanja
Mampir di tempat-tempat perbelanjaan memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang sedang berhemat. Apalagi jika belum menargetkan uang yang akan dibelanjakan. Pasti ketika melihat sesuatu yang disuka, akan dengan mudahnya dibeli.
Padahal, anda seharusnya bisa mempertimbangkan mana yang anda inginkan dan mana yang anda butuhkan. Utamakan hal yang anda butuhkan, dan belilah yang anda inginkan ketika memang anda memiliki uang lebih. Dengan begitu, alangkah lebih baik untuk menghindari tempat-tempat yang bisa menghabiskan banyak uang.

2. Perbanyak Ibadah
Ramadhan merupakan bulan yang dilipat gandakan pahalanya. Melakukan ibadah yang wajib dan sunnah pastinya akan membuat anda menabung banyak pahala. Anda bisa lebih meningkatkan ibadah anda, dengan mengaji, bertadarus Al-Qur’an maupun bersedekah dengan orang yang membutuhkan. Dengan begitu, anda akan lebih memfokuskan diri.
Anda juga bisa beribadah dengan beri’tikaf atau berdiam diri di masjid dengan melakukan ibadah dan berdzikir.

3. Buat Target Perencanaan
Ketika mendekati bulan Ramadhan, anda harus bersiap membuat target perencanaan keuangan anda agar lebih tertata. Misalnya seperti jatah per hari yang bisa anda keluarkan, jatah belanja bulanan atau mingguan, jatah belanja paket lebaran, jatah berbagi uang dengan sanak saudara. Semua harus sudah anda perhitungkan dengan gaji yang anda dapatkan.
Menjelang lebaran, pasti anda mempertimbangkan siapa saja yang akan mendapatkan uang lebaran. Buatlah daftar penerimanya dan jatah yang akan didapatkan per anak. Kemudian masukkan ke amplop agar lebih terorganisir.
Buatlah target perencanaan di buku khusus, dengan kategori-kategori yang biasanya akan selalu anda butuhkan. Jangan lupa juga untuk menyisihkan untuk dana darurat dan juga untuk tabungan anda pribadi.

4. Beli Kebutuhan Lebaran Secukupnya
Pengeluaran super biasanya akan timbul ketika momen lebaran semakin dekat. Anda akan memikirkan untuk pulang kampung, menyiapkan baju baru, perlengkapan sholat baru, dan juga uang untuk anak-anak, baik itu adik, keponakan, sepupu dan lainnya.
Dalam membeli kebutuhan lebaran seperti baju, sandal, perlengkapan ibadah dan lainnya harus anda targetkan sejak awal Ramadhan. Jadi, anda sudah mempersiapkan uangnya. Belilah yang memang anda butuhkan. Dan untuk baju lebaran, belilah baju yang bisa digunakan sehari-hari atau pada event-event lainnya agar tidak sekali pakai dan membuang-buang uang.

5. Hindari Liburan yang Berlebihan
Liburan juga menjadi hal yang dinanti-nanti saat momen lebaran. Apalagi untuk anda yang bekerja dengan minim hari libur. Pasti menantikan momen untuk berkumpul dengan keluarga dan pergi berekreasi.
Untuk merencanakan liburan yang sehat untuk dompet anda, pilihlah tempat liburan yang terjangkau. Hindari juga wahana-wahana yang mengharuskan anda mengeluarkan banyak uang. Namun, jika anda sudah memiliki perencanaan keuangan sebelumnya, anda bisa menargetkan uang anda akan keluar untuk apa saja.
Jadi, perlu diingat bahwa Ramadhan adalah bulan untuk memperbaiki ibadah dan perilaku, bulan untuk melipat gandakan pahala. Bukan untuk melipat gandakan pengeluaran. Demikian informasi mengenai tips Ramadhan hemat yang mungkin bisa anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *